Hello!

'Hey, Welcome to My World' *This is My Jungle
Disini adalah tempat coretan-coretanku, yaaah meskipun tak bisa setiap saat aku tuangkan disini, but it's really surprise me karena dibilang hobby nulis pun enggak sebenernya, cuma seneng nulis aja kadang-kadang, makanya gue lampiaskan disini. Selamat menyimak!

Kamis, 31 Januari 2013

MATIKAN KAMERA DAN HIDUPKAN LAGI "peringatan pada fujifilm finepix s2980"

Hallo agan agan dan aganwati..
Postingan kali ini, ane bakalan ngasih solusi dari permasalahan yang muncul di kamera FUJIFILM FINEPIX S2980 yang berbunyi "MATIKAN KAMERA DAN HIDUPKAN LAGI" / "TURN OFF THE CAMERA AND TURN ON AGAIN". Semenjak saya browsing tentang masalah yang satu ini, ternyata banyak sekali kasus sama yang terjadi di FUJIFILM FINEPIX S2980 gan. Kebanyakan bilang kalau hal seperti ini terjadi kerusakan pada lensa kamera, tapi berawal dari pengalaman nih gan, kamera FUJIFILM S2980 saya juga pernah terserang peringatan semacam ini, error yang berbunyi "MATIKAN KAMERA DAN HIDUPKAN LAGI" atau "TURN OFF THE CAMERA AND TURN ON AGAIN" dengan tanda - tanda :
- Saat kamera dihidupkan,  muncul peringatan semacam itu
- Lensa tidak bergerak sama sekali, tidak mau keluar, tidak berfungsi
Ane sempet utik utik ni kamera, ane reset dan terus mencoba tetapi tetap tidak bisa dan selalu muncul peringatan "MATIKAN KAMERA DAN HIDUPKAN LAGI" atau "TURN OFF THE CAMERA AND TURN ON AGAIN" saat kamera dihidupkan dan bahkan setelah dimatikan dan dihidupkan lagi tetap tidak bisa. Tapi setelah ane browsing2, tanya2 ke toko tempat pembelian kamera saya, diberitahu kalo ternyaata nih masalah seperti ini kemungkinan cuma masalah software. Makanya, ane langsung nyari - nyari solusinya di tempat tongkrongan saya "pakdhe google" dan akhirnya ketemu dan kamera bisa digunakan lagi setelah ane praktekin. Saat itu ane juga cuma mencoba coba tetapi ternyata berhasil memulihkan kamera ane, yaitu dengan cara MEMPERBAIKI FIRMWARE(DRIVER/SOFTWARE) atau MENGUPDATE FIRMWARE  di kamera inyong. Caranyaa?? Ettzz sabarr.. Gini gini prosedurnya mengatasi error yang muncul  "MATIKAN KAMERA DAN HIDUPKAN LAGI" atau "TURN OFF THE CAMERA AND TURN ON AGAIN" :

Pertama, download drivernya  di sini ( Ini adalah firmware terbaru dari FUJIFILM dan khusus digunakan di seri S2980/S2950 saja, untuk seri lain bisa download update firmware di http://www.fujifilm.com/support/digital_cameras/software/firmware/
Kedua, buka file arsive .RAR yang sudah di download dan ikuti petunjuknya sebelum melakukan update firmware

Ketiga, siapkan kamera FUJIFILM S2980/S2950 yang bermasalah seperti ini ataupun tidak bermasalah tetapi ingin memperbaiki versi firmware ( Firmware baru ini hanya digunakan untuk seri S2980/S2950 )
Keempat, siapkan memory stick yang digunakan di kamera anda ( Ingat sebelum memory digunakan, kosongkan isi memory / backup semua data lalu format memory anda )
Kelima, salin FPUPDATE.DAT yang sudah anda download ke memory kosong kamera anda, setelah itu masukkan memory ke dalam kamera
Keenam, siapkan catu daya anda ( 4 Buah Baterai Ni-Mh/Alkalin penuh/baru dan harus full power )
Tujuh, cek firmware kamera anda terlebih dahulu, dengan tahan tombol [DISP/BACK] sambil menekan tombol daya. 
screenshoot cek versi firmware

Jika kamera anda menunjukkan current versi firmware V.1.00  dan tersedia V.1.01 ( yang anda download ), klik OK dan OK. Proses update akan memakan beberapa waktu jadi harap ditunggu sampai proses update selesai
screenshoot menunjukkan firmware siap di up
6. Jika proses update selesai dan menampilkan "the firmware update has been successfully completed" lalu matikan kamera dan hidupkan lagi
proses upgrade firmware
upgrade sukses
                      

File dapat di download di sini atau 
http://www.ziddu.com/download/21475472/UPDATEFIRMWARES2980.rar.html

24 komentar:

  1. mkasih gan buat artikelnya... masalah kamera saya juga sama... izin sedot ya.. doakan saya juga sukses mencobanya ..thanks

    BalasHapus
  2. gan, jika terjadi pada kamera digital sony cyber shot, apakah caranya tetap sama gan??soalnya camdig saya lensa nya juga tidak mau keluar ketika on..

    BalasHapus
  3. kamera ku kasusnya sama
    Selalu muncul tulisan
    Matikan kamera dan hidupkan lagi !
    Tipe kameranya sama jiplek
    Fujifilm S2980

    BalasHapus
  4. saya gak berhasil. tetep ada tulisan matikan kamera dan hidupkan lagi............... gimana dong bingung...

    BalasHapus
  5. saya sudah melakukan hal tersebut shinga veri firmwarenya berubah menjadi version :1.01 namun masih aja dia bilang matikan lalu hidupkan kameranya....tolong solulusinya gan....

    BalasHapus
  6. halo pak bagaimana nech pdhal udah sukses update frmwarenya namun tetep aja tidak bisa.selalu bilang matikan lalu hidupka kameranya????

    BalasHapus
  7. saya sudah coba untuk kamera saya,finepix s2980 tp tetep ga bisa meskipun sudah berhasil upgrade.
    kira-kira bagian yg salah apa ya ?
    terima kasih :)

    BalasHapus
  8. kapan tu ane nyoba nyoba dengan kamera sodara, 2980 digedok dulu pake tangan (jangan pake meja / palu. ancor ntar) lalu baru upgrade. Kalo upgred doang kaga bisa. Kayaknya ada yang nyangkut di dalemnya dan firmware cuman buat mastiin agar tidak terjadi lagi setelah digedok atau sebelum muncul peringatan itu.

    BalasHapus
  9. saya juga punya kamera fujifilm finepix s2980,,, tapi, apa bisa d tambahkan efek ?

    BalasHapus
  10. saya juga punya kamera fujifilm finepix s2980,,, tapi, apa bisa d tambahkan efek ?

    BalasHapus
  11. mau tanya kl sudah versi 1.01 tapi terjadi eror pesan kaya diatas gmn bos?

    BalasHapus
  12. malam gan, saya mengalami masalah seperti agan ini. udah ngikutin step di atas dan udah berhasil upgrade ke 1.01 tapi ko lensanya tetep ga keluar ya? masih ga ada perubahan. mohon bantuannya gan harus gimana lagi. tks before gan *cheers*

    BalasHapus
  13. gan
    udah dicoba cara yang diatasamun tidak bisa

    terima kasih

    BalasHapus
  14. Makasih banyak gan... akhirnya kamera ane bener lg!!!

    BalasHapus
  15. yang dimaksudkan tombol daya itu yang mananya??
    need help banget~

    BalasHapus
  16. udah nyoba bro,,, sukses upgrade,, tapi lensa tetep gak fungsi, dan pesan "TURN OFF THE CAMERA AND TURN ON AGAIN" nongkrong terus di LCD :( gimana nihh...

    BalasHapus
  17. saya punya kamera finepix S2980 dan masalah saya hadapi jg sama tp saya coba update firmware hasilnya nihil ..kira'' yg error apanya ya ..thank's

    BalasHapus
  18. terima kasih, tulisannya sangat bermanfaat :D
    sekarang kameranya bisa jalan lagi

    BalasHapus
  19. gan maun nanya nih ada ga firmware khusus Fujifilm S2980 selain yang ver. 1.01 ?

    BalasHapus
  20. ada firmware khusus fujifilm S2980 yg lain ga selain v 1.01..??

    BalasHapus
  21. Terimakasih mas infonya........kameraku ok meneh.

    BalasHapus
  22. Maaf semuanya blog ini jadi jarang tak sentuh..
    Untuk masalah ini cuma berdasakan pengalaman saya.. Saya saranin kalo sudah ngikutin ini alur kok masih belum bisa, mending agan datang ke tempat toko agan beli kameranya / fujifilm service dulu buat mastiin kerusakannya di Softwarenya atau Lensanya.. Soalnya beginian kasusnya kemungkinan kalau tidak lensanya ya softwarenya. Kalau cuma error di software nya kemungkinan bisa kembali fresh dengan cara ini :)

    BalasHapus
  23. terimakasih informasinya, salam kenal dari saya.. sangat bermanfaat
    thank you :)

    BalasHapus